Teknologi Sistem keamanan Stadion yang Perlu dimiliki Indonesia

 Halo sahabat dunia olah raga, mimin pribadi atas nama admin dunia olah raga turut berduka cita sedalam-dalamnya atas tragedi kanjuruhan malang yang menewaskan ratusan suporter Aremania pada 1 Oktober 2022. Tentunya Teknologi Sistem keamanan Stadion Perlu dimiliki Indonesia, untuk merekam kejadian pilu dalam stadion atau luar stadion.

Tentunya para pencinta sepak bola dalam ataupun luar negeri pasti tidak mau terjadi hal seperti ini. Namun in pelajaran bagi kita khususnya para pencinta olah raga sepak bola bahwa kejadian ini tidak patut terjadi lagi. Karena banyak korban yang berjatuhan bahkan hingga ratusan orang yang meninggal dunia karena tragedi kanjuruhan ini.

Ada beberapa Teknologi Sistem keamanan Stadion yang perlu dimiliki Indonesia. Tentunya untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan pergelaran Sepak bola agar tidak terjadi hal yang kita tidak inginkan. Seperti rusuh suporter, pemain, pelatih,stap,wasit, panitia, petugas intinya semua yang terlibat dalam pergelaran pertandingan sepkbola.

Selain itu juga memanjakan penonton yang dapat menyaksikan siaran pertandingan sepak bola dengan kualitas seperti nyata. Indonesia perlu teknologi seperti ini yang tentunya sudah tidak asing lagi seperti pada Liga-liga Top Dunia. Seperti Liga Inggris, Laliga Spanyol, Italia dan lainnya yang selangkah lebih maju dalam teknologi sistem keamanan Stadion.

Teknologi Sistem keamanan Stadion yang perlu dimiliki Indonesia

Teknologi Sistem keamanan Stadion yang Perlu dimiliki Indonesia
Image Credit : coventrytelegraph.net/news/coventry-news/coventry-city-walsall-ricoh-arena-15842361

1. 4K HDR

Sistem kemanan stadion yang pertama yaitu 4K HDR yang mana pencinta sepak bola sepanyol sudah mendapatkan layanan terbaik dengan pengalaman visual tinggi. Memiliki siaran berkualitas 4K High Dynamic Range (HDR) yang telah ditayangkan oleh Laliga.

Teknologi 4K HDR ini perlu kita memiliki agar memiliki tayangan yang memanjakan jadi serasa langsung melihat dari Stadion. Sistem keamanan ini memiliki 20 Kamera HDR yang digunakan termasuk sejumlah kamera tambahan helikopter dan kamera derek.

Hasilnya gambar terlihat sangat nyata, sehingga dalam pertandingan ataupun luar pertandingan terasa dilaksanakan langsung di dalam ruangan para penonton yang mungkin saat sedang dirumah. Semoga kedepannya kita juga memiliki teknologi seperti ini untuk menunjang sistem keamanan Stadion Indonesia.

2. SkyCAM

SkyCam bergerak dari ketinggian sekitar 21 meter atas lapangan, dan mampu menghasilkan rekaman dengan sudut pandang dari atas yang unik untuk menunjukan sesana dalam Stadion.

Kamera yang dipakai adalah kamera hight definition (HD) dengan resolusi layar 4/3. Serta memiliki desai yang kuat dan serta lengkap dengan lesan yang memiliki kemampuan wide-angle zoom hingga 14X.

Kamera tersebut juga memiliki fitur untuk mentransmisi rekaman dari lapangan ke mobile unit melalui kabel serat optik dan dapat mengambil gambar seluar area hingga 7000 Meter Persegi.

3. MediaCoach

MediaCoach juga telah mengembangkan siaran tv dan konten Laliga dalam berbagai platform digital. Dengan teknologi mampu menyediakan berbagai data yang berisi analisa mendalam mengenai berbagai aspek pertandingan kepada para staff pelatih dalam setiap tim Sepak bola.

Tentu saja kita harapkan teknologi ini dapat hadir dalam per sepak bolaan Indonesia khususnya untuk sistem keamanan dalam Stadion Sepak Bola Indonesia. Dan Semoga kedepannya baik itu pemain, suporter, dan semua official yang terlibat dalam pertandingan bisa lebih dewasa lagi.

Artikel Lainnya : Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis

Kesimpulan

Itulah Teknologi Sistem keamanan Stadion yang Perlu dimiliki Indonesia. Agar perspak bolaan kita bisa selangkah lebih maju dan amanan dari berbagai kerjadian bahkan tragedi yang Minggu lalu menimpa Stadion Kanjuruhan. Semoga kejadian tersebut tidak terulang kembali dan menjadi pembelajaran buat kita, selaku para pencinta Sepak Bola. Ok terima kasih.

Posting Komentar untuk "Teknologi Sistem keamanan Stadion yang Perlu dimiliki Indonesia"