9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola

 Halo, kali ini saya akan membagikan 9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola. Ada beberapa teknologi yang membantu olah raga sepak bola ini. Seperti Teknologi VAR, Goal Line, MiCoach Soccer, GPS Sport Vest dan lainnya.

Teknologi dalam dunia olah raga sepak bola ini semakin canggih dan sudah sering kita melihatnya saat pertandingan. Tentunya peran teknologi ini perlukan sekali untuk mendungkung kemajuan olah raga sepak bola.

Teknologi dalam dunia olah raga sepak bola ini saya ambil dari berbagai sumber. Tentunya dapat menambah wawasan temen-temen dunia olah raga. Ok langsung saja berikut adalah teknologi dalam sepak bola.

Inilah 9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola

1. Goal Line

9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola
                            Image Source : flickr.com/photos/miss604/18245376228

Teknologi canggih dalam dunia olah raga sepak bola ada Goal Line adalah teknologi yang membantu wasit dalam menentukan apakah bola sudah melewati garis atau belum.

Tenologi yang sangat bagus dan bermanfaat karena dalam pertandingan kadang terjadi kemulut depan gawang. Yang membuat wasit terkadang kesulitan membuat keputusan dalam waktu yang singkat. Maka teknologi ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan keputusan yang optimal saat pertandingan sepak bola berlangsung.

Cara Kerja dari Teknologi Goal Line dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola

Cara kerja dari Teknologi Goal Line adalah dengan menmpatkan tujuh kamera yang terletak pada atap setadion dengan mengarah ke gawang. 7 Kamera ini akan mengirimkan sinyal jika bola sudah melewati garing gawang pastinya.

Teknologi Goal Line pertama kali digunakan pada tahun 2012 silam dalam ajang Piala Dunia antar Klub. Tentunya dengan adanya Teknologi ini dapat membantu keputusan wasit jika terdapat kemulut atau sapuan yang tepat berada pada garis gawang. Tentunya akan menimalisir kontroversi karena sudah ada teknologi untuk mengetahui bola sudah melawati garis gawang atau tidak.

Manfaat dari Teknologi Goal Line dalam dunia olah raga Sepak Bola

Manfaat untuk pertandingan sepak bola tentu sangat banyak selain tidak akan membuat kontroversi juga dapat memiliki sejumlah manfaat dalam dunia sepak bola.

Setelah melalui perdebatan, penerapan teknologi Goal Line ini akhirnya sudah di Approved oleh FIFA. Tentunya sebagai otoritas sepak bola tertinggi saat ini di Dunia dan teknologi ini sudah pertamakali kenalkan pada Piala Dunia antar Klub 2012 jepang.

Manfaat teknolgi Goal line banyak turnamen dan liga-liga Sepak bola terkemuka yang menggunakannya. Seperti Piala Dunia, Liga Inggris, Piala Eropa sudah menerapkan teknologi Goal Line atau Teknologi garis gawang dalam setiap pertandingannya.

2. Teknologi VAR (Video Assistant Referee)

Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola
Image Source : flickr.com/photos/bensutherland/28596277817

VAR ini kepanjangan dari Video Assistant Referr. Teknologi VAR ini pertama kali perkenalkan pada Agustus 2016 silam dalam pertandingan Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat.

Tekno VAR ini mampu membantu wasit dalam mengambil keputusan yang tepat dan adil pastinya. Karena dengan bantuan 33 kamera yang menangkap segala kejadian lapangan hijau.

Dari 33 kamera ini terdapat 8 kamera supper slow-motion dan 4 kamera ultra slow motion yang mampu merekam kejadian-kejadian saat pertandingan dengan detail yang berlangsung cepat.

Teknologi VAR juga mendapat dukungan dari 4 Wasit VAR tau AVAR yang mengantongi lisensi resmidari FIFA. Teknologi Canggih ini memang bertujuan agar wasit dapat lebih akurat dalam mengambil setiap keputusan dengan cepat dalam pertandingan sepak bola.

Cara Kerja Teknologi VAR dalam dunia olah raga Sepak Bola

Cara kerjanya adalah ketika pertandingan berlangsung, wasit akan menghentikan sementara pertandingan untuk melihat kejadian sebelumnya melalui video teknologi VAR.

Dalam dunia sepak bola sudah menggunakan Teknologi ini seperti Liga Inggris, Laliga Spanyol, Serie A Italia, Piala Dunia dan pertandingan bola professional lainnya.

Teknologi ini akan meninjau siaran ulang pertandingan, kemudian memakai slow motion atau video akan diperlambat dari berbagai sudut.

Adanya tinjauan dengan teknologi VAR sepak bola ini membantu wasit dalam situasi seperti :

  • Proses terjadinya Gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, atau haddball.
  • Kemungkinan penalti seperti titik jatuh atau titik terjadinya pelanggaran atau penyerang lawan mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).
  • Pelanggaran dengan potensi kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan.
  • Kesalahan identifikasi wasit, untuk memastikan hukuman kartu baik kartu kuning atau merah sekalipun dapat diterima pemain yang tepat.

Menggunakan Teknologi VAR saat pertandingan dapat dilakukan peninjauan setelah ada keputusan dari wasit mengenai sebuah insiden. Pengecualian terjadi jika ada insiden yang terlewat atau jauh dari pandangan wasit atau perangkat pertandingan lain saat di lapangan.

3. Teknologi Microchip dalam Sepatu Pemain

Teknologi Microchip dalam sepatu pemain adalah salah satu teknologi canggih dalam dunia olah raga sepak bola. Inovasi teknologi dalam sepatu pemain juga mampu meningkatkan performa pemain saat bertanding. YA salah satunya teknologi microfhip dalam sepatu pemain ini.

Microchip merupakan teknologi berupa alat yang mampu mengukur gerak dan kinerja pemain saat berada atas lapangan. Tentu dengan teknologi ini dapat mendeteksi daya jelajah pemain, yang mana teknologi ini terletak pada balik alas sepatu.

Yang mengembangkan Teknologi Microchip ini yaitu Adidas merupakan perusahaan olah raga asal jerman. Tentunya Adidas Pioner yang mengembangkan teknologi dengan menerapakannya pada sepatu dengan seri Adizero F50.

Cara Kerja dari Teknologi Microchip dalam dunia olah raga sepak bola

Microchip atau MiCoach Soccer adalah teknologi dari Adidas dan sudah mencoba oleh Lional Messi. Cara kerja dari Teknologi ini adalah mampu menghitung data dari aktivitas tap pemain yang menggunakan sepatu yang ada teknologi Microchipnya.

Dari Teknolgi ini akan mendapatkan beragam data mulai dari jarak berlari, jumlah lari cepat yang mampu teknologi ini dapatkan selama pertandingan, kecepatan lari maksimum dan data lainnya. Semua data tersebut akan terhubng dengan aplikasi micoach soccer yang tersedia dalam dua perangkait iPhone dan Iphod Tuch.

4. Teknologi Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS)

Tekno EPTS adalah Teknologi berupa sistem berbasis tablet yang dpaat melacak statistik para pemain maupun segala hal dalam pertandingan sepak bola.

Karena bantuan Teknologi EPTS, pelatih dengan mudah menentukan strategi untuk pemain saat bertanding. Hebatnya teknologi ini, melalui sebuah Tablet, pelatih dapat memantau seluruh pergerakan pemain selama pertandingan secara realtime.

Teknolgi ini memanfaatkan 396 kamera yang terpasang dalam stadion untuk gerakan seluruh pemain yang terekam. Pertama kalinya Teknologi ini pernah uji coba oleh FIFA pda tahun 1996 silam untuk deteksi garis gawang, bola, dan rumput stadion.

Pada Piala Dunia 2018 Prancis kembali digunakan. Tentunya dapat menjadi acuan pelatih untuk menyusun strategi agar dapat memenagkan pertandingan.

Cara Kerja Teknologi EPTS dalam dunia Olah Raga Sepak Bola

Sistem kerja dari Electronic Performance and Tracking Systems adalah (EPTS) adalah, pemain harus memakai rompi dengan sensor khusus yang ditanam dalam jersey.

Selama pertandingan, sensor akan mengambil data fisik pemain, mulai dari denyut nadi, ukuran berat hingga kadar gula pemain secara real time. Data pemain tersebut dapat dengan mudah lihat dari tablet oleh pelatih.

Penyajian data tersebut akan terhubung seperti yang saya sebutkan tadi langsung dengan 396 kamera yang tersebar dalam stadion. Tentunya tujuannya untuk memberikan gambaran kepada pelatih secara real-time. Kemudian video akan mendapatkan olahan dalam ruang kendali, untuk distribusikan kepada masing-masing tablet dari pelatih berupa video serta grafik secara lengkap.

5. Teknologi FootBonaut

Teknologi ini bermanfaat untuk perkembangan pemain, dan teknologi ini sudah terapkan dalam sesi latihan pemain. Tekno FootBonaut ini juga sudah digunakan oleh Brussia Dortmund salah satu tim raksaksa Bundesliga.

Teknologi berbentuk ruangan 14 x 14 Meter yang terdiri dari 72 panel. Para pemain akan beridiri tepat tepi tengah ruangan tersebut dan pemainakan menerima serta mengoper bola yang akan keluar dari setiap Panel. Tentu saja teknologi ini sangat bermanfaat untuk pemain saat melakukan latihan dalam ruangan.

6. Teknologi Jersey Penyerap Keringat

Teknologi yang ini khusus para pemain saat mengenaan Jersey saat melakoni pertandinga. Jersey penyerap keringat, desain jersey pemain mengalami perkembangan yang panjang dari desain hingga inovasi teknologi yang terdapat di dalamnya.

Pada Era 2000-an menjadi titik mulainya jersey pemain sepak bola yang berteknologi salah satunya penyerap keringat ini. Selain penyerap keringat juga dapat menyaring temperatur panas sekaligus udara saat dingin yang menembus ke tubuh.

Tentunya hingga saat ini desain tersebut dapat membantu memberikan kenyamanan pemain saat bertanding. Sehingga dapat menampilkan performa terbaik ketika bertandingdilapangan. Tentunya inovasi tersebut terus berkembang hingga saat ini.

7. GPS Sport Vest

GPS Sport Vest adalah teknologi yangdikembangkan oleh Australian Instityte of Sport (AIS) dan Cooperative Resarach Centres (RSC) dan perkenalkan ke Publik pada tahun 2006. Bentuk dari teknologi ini sepintas menyerupai Bra.

Namun jika kita lihat lebih detail lagi, GPS Sport Vest memilik kontak yang akan mengumpulkan data mengenai pergerakan pemain, jarak tempuh dan kecepatan berlari pemain. Yang mana data tersebut akan terkirim ke aplikasi yang terhubung pada ponsel pintar.

Data tersebut untuk acuan pelatih dalam menganalisa para pemainnya ketika menjalani sesi latihan. Teknologi GPS Sport Vest ini sduah banyak yang pakai terutama para tim seluruh dunia termasuk Timnas Indonesia kita.

8. Teknologi Video Wall

Teknologi Video Wall memadukan layar berukuran 6x3 meter, dan 4 kamera yang terintegrasi. Layar itu berisi rekaman video latihan dari 4 kamera yang ditempatkan atas tiang gawang sebanyak dua buah dan dua kamera lagi tepat belakang gawang.

Pada tahun 2017, Klub asal Jerman TSG 1899 Hffenheim juga memanfaatkan teknologi dalam sesi latihan. Video wall ini ada pada lapangan untuk merekam kegitan latihan para pemain. 4 Kamera dioperasikan oleh pelatih yang memegang kendali untuk mengatur arah lensa kamera.

Melalui Video Wall, pelatih dapat langsung menganalisis strategi yang terapkan kepada para pemain, sekali dapat memberi instruksi selama sesi latihan. Para pemain juga akan diberi waktu untuk melihat video rekaman latihan mereka sebagai bahan analisa kedepannya.

9. Teknologi Deteksi Offside Semi Otomatis

Teknologi sistem deteksi offside semi otomatis ini akan digunakan pada pergelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Penerapa teknolgi ini bisa lebih cepat meberikan data dan peringatan offside secara real time kepada perangkat wasit yang bekerja balik layar.

Bola yang digunakan akan terhubung dengan sistem kamera yang melacak semua pemain dilapangan. Rencana FIFA akan menerapkan teknologi deteksi offside semi otomatis ini seluruh pertandngan sepak bola yang akan datang.

Manfaat Teknologi Deteksi Offside Semi Otomatis

Teknologi ini akan membantu wasit membuat keputusan lebih cepat untuk menjaga tim-out pertandingan yang tidak terlalu lama. Teknologi ini menggunakan 12 Kamera ditempatkan bawah atap stadion.

Dapat melacak setiap pemain hingga 29 titik data per pemain khusus pada wajah dan anggota badan yang bergerak. Teknologi ini memantau 50 kali per detik secara akurat menentukan posisi pasti pemain dilapangan pada waktu tertentu.

Cara Kerja dari Teknologi Deteksi Offside semi otomatis

Sebuah sensor tepat pada tengah bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar akan mengirimkan 500 kali perdetik. Tentunya itu memungkinkan pendeteksian titik tendangan lebih tepat lagi.

Dengan menggabungkan semua data dan penerapan algoritma, peringatan tentang potensi insiden offside akan dikirim secara sistematis ke ofisial pertandingan video.

Tentunya, setelah mempelajari urutan pemain dengan cepat, jika ofisial mengkonfirmasi posisi offside, mereka akan meberitahu wasit yang bertugas saat bertanding dalam lapangan.

Teknologi Deteksi Offside semi otomatis ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk proses, mengindari time-out besar dalam pertandingan.

Lalu setiap keputusan akan memunculkan animasi 3D yang merinci setiap posisi pemain yang terlibat dalam insiden offside. Tentunya FIFA akan memperlihatkan kepada layar stadion dan juga TV saat siaran langsung.

Perkembangan Teknologi Deteksi Offside Semi Otomatis

Deteksi Offside Semi otomatis ini melengkapi teknologi yang digunakan dalam dunia olah raga sepak bola sebelumnya. Yaitu Teknologi VAR. Teknologi VAR juga perkenalkan saat Piala Dunia 2018 Prancis dan tuan rumah sukses memenangkan ajang pegeralaran Piala Dunia epat tahunan itu.

Pada Piala Dunia 2018, Fifa berani mengambil satu langkah lebih maju untuk menggunakan Teknologi VAR. Dan itu sukses tidak terbantahkan. Teknologi Deteksi offside ini merupakan puncak dari tiga tahun penelitian dan pengujian khusus untuk memberikan yang terbaik bagi tim, pemain, dan pengemar yang akan menyaksikan dan menuju Qatar pada akhir tahun ini.

" Fifa bangga dengan pekerjaan ini, kami menantikan dunia melihat manfaat dari Teknologi Offside Semi otomatis pada Piala Dunia 2022 Qatar."

"Fifa berikomitmen untuk memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pemain sepak bola disemua tingkatan, dan penggunaan teknolgi offside semi otomatis Piala Dunia Qatar adalah bukti yang paling jelas,". Pungkasnya seperti yang dikutip dari TribunPalu pada Selasa (6/9/22).

Artikel Lainnya : Teknologi Canggih Hawk Eye dalam Dunia Olah Raga Bulu tangkis

Akhir Kata

Itulah 9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola. Tentunya sangat bermanfaat untuk pertandingan, latihan, taktik, dan peraturan dalam sepak bola. Dapat membantu wasit, pemain, pelatihan ofisial lainnya. Tentunya dengan teknologi tidak ada lagi bantahan dan kecurangan saat pertandingan sepak bola. Ok Terima kasih semoga bermafaat salam olah raga.

Posting Komentar untuk "9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola"