Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis

Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis

Halo sahabat pencinta olah raga, kali ini mimin akan membagikan tentang penerapan Teknologi Offside Semi Otomatis. Yang mana teknologi ini sudah ada dan manfaatnya sudah ada yang merasakan seperti pada pertandingan penyisihan liga Champions 2022-2023. Liga Champions Menggunakan Teknologi Deteksi Offside Semi Otomatis untuk percobaan yang akan nanti digunakan pada pergelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

Manfaat teknologi offside semi otomatis dapat membantu wasit mengambil keputusan. Apakah pemain sudah offside atau tidak karena pada teknologi sebelumnya VAR masih ada kekurangan dan pada Teknologi ini untuk menyempurnakannnya.

Teknologi ini sudah pakai saat fase grup Liga Champions. Pertandingan antara Chelsea Vs Dinamo Zagreb, usai resmi diterapkan, teknologi ini menggagalkan gol debut Pierre-Emerick Abubmeyang untuk Chelsea saat melawan Dinamo Zagreb pada matchday pertamanya Liga Champions. Gol Aubameyang pada menit ke-4 di anulir karena sudah berada dalam posisi offside.

Teknologi offside semi-otomatis ini baru menampilkan grafik terkomputerisasi yang menunjukan Aubameyang berad dalam posisi offside. Sebelumnya Teknologi ini juga sudah diperkenalkan dalam pertandingan Piala Super Eropa antara Real Madrid kontra Eintracht Frankfurt pada hari kami (11/8/22) lalu. Yang kemudian saat ini Teknologi Offside semi-otomatis juga terapkan dalam fase grup Liga Champions 2022/2023.

Artikel Lainnya : 7 Link Nonton Live Streaming Gratis Serie A Italia 2022 – 2023

Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis

Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis
Image Credit : twitter.com/Football__Tweet

Cara kerja dari teknologi ini sebuah sensor tepat pada tengah bola resmi Liga Champions akan mengirimkan 500 kali perdetik. Tentunya itu memungkinkan pendeteksian titik tendangan lebih tepat lagi.

Dengan menggabungkan semua data dan penerapan algoritma, peringatan tentang potensi insiden offside akan dikirim secara sistematis ke ofisial pertandingan video.

Tentunya, setelah mempelajari urutan pemain dengan cepat, jika ofisial mengkonfirmasi posisi offside, mereka akan meberitahu wasit yang bertugas saat bertanding dalam lapangan.

Teknologi Deteksi Offside semi otomatis ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk proses, mengindari time-out besar dalam pertandingan.

Artikel Lainnya : 9 Teknologi yang digunakan dalam Dunia Olah Raga Sepak Bola

Lalu setiap keputusan akan memunculkan animasi 3D yang merinci setiap posisi pemain yang terlibat dalam insiden offside. Tentunya FIFA akan memperlihatkan kepada layar stadion dan juga TV saat siaran langsung.

Manfaat Teknologi Semi Offside Otomatis di Liga Champions

Dalam Liga Champions 2022/2023 Teknologi ini akan membantu wasit membuat keputusan lebih cepat untuk menjaga tim-out pertandingan yang tidak terlalu lama. Teknologi ini menggunakan 12 Kamera letakan pada tempatkan bawah atap stadion.

Dapat melacak setiap pemain hingga 29 titik data per pemain khusus pada wajah dan anggota badan yang bergerak. Teknologi ini memantau 50 kali per detik secara akurat menentukan posisi pasti pemain dalam lapangan pada waktu tertentu.

Itulah Teknologi dalam Liga Champions Menggunakan Teknologi Offside Semi Otomatis. Yang pastinya canggih untuk mendukung sepak bola yang seportif tanpa ada ke tidak puasan saat pertandingan.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *