Teknologi Canggih Hawk Eye dalam Dunia Olah Raga Bulu tangkis

Apa Itu Teknologi Canggih Hawk Eye dalam dunia olah raga Bulu tangkis
Image Source : flickr.com/photos/pete_edgeler/7378272322

Halo sahabat dunia olah raga, kali ini saya akan membahas Teknologi Canggih Hawk Eye dalam Dunia Olah Raga Bulu tangkis. Setiap kejuaraan Bulu tangkis atau Badminton kita sering mendengar istilah Challenge. Yang pastinya pemain tidak yakin bola keluar maka akan meminta Challenge atau pengecek Shuttlecock masuk atau tidak.

Apa Itu Teknologi Canggih Hawk Eye dalam dunia olah raga Bulu tangkis ?

Apa Itu Teknologi Canggih Hawk Eye dalam dunia olah raga Bulu tangkis
Image Source : flickr.com/photos/pete_edgeler/7378272322

Hawk Eye adalah teknologi yang membantu pemain atau wasit menentukan shuttlecock masuk atau keluar. Teknologi ini sudah ada dalam dunia olah raga Bulu tangkis dan tenis.

Hawk Eye merupakan teknologi canggih yang dapat wasit dan pemain gunakan untuk melakukan pengamatan akurat titik jatuh shuttlecock.

Jadi kenapa jika Shuttlecock tidak kelihatan masuk atau keluar pemain sering meminta challenge. Tentu saja untuk mengetahui apakah shuttlecock masuk ke dalam atau tidak. Teknologi Hawk Eye ada pada lapangan utama sebuah ternamen olah raga bulu tangkis dan tenis.

Sejarah Perkembangan dan Pengertian Teknologi Canggih Hawk Eye dalam dunia Olah Raga Bulu tangkis

Hawk Eye ialah sebuah sistem computer vision untuk melacak lintasan boa secara visual dan menampilakan berbagai kemungkinan besar secara statistik daam sebuah video atau gambar 3D.

Representasi hasil lintasan pada layar sebut dengan Shot Spot. Teknologi ini mulai terkenal saat digunakan pada cabang olah raga Tennis oleh international Tennis Federation (ITF) pada 2006 silam.

Hawk Eye adalam bahasa Indonesia adalah ‘Mata Elang’ yang merupaan sistem perangkat kamera yang dapat melacak Liantasan bola, atau Shuttlecock dalam permainan bulu tangkis.

Teknologi ini juga digunakan untuk merekonstruksi dan melakukan pengamatan akurat terhadap titik jatuh Shuttlecock dilapangan.

Sistem hakeye dalam dunia olah raga bulu tangkis teridir dari sejumlah kamera dengan kecepatan tinggi. Kamerea tersebut terhubung satu sama lain ke sistem komputer terpusat melalu kabel serat optik.

Gambar yang tertangkap oleh kamera lalu mendapatkan analis dari sistem komputer untuk mensimulasikan lintasan shuttlecock. Penentuan bola masuk atau dapat pemain atau wasit ketahui dengan akurat saat melakukan Challenge.

Sistem Hawk Eye sudah berkembang di Inggris oleh Paul Hawkins dan David Sherry dalam perusahannya. Nama perusahan tersebut adalah Haw Eye Innovations Ltd. Bertemapt Winchester, Inggris. Sistem ini awalnya di Implementasikan pada tahun 2001 untuk pertandingan Cricket di TV.

Awal Mula Teknologi Bulu tangkis HawkEye diperkenalkan

Dalam bidang Bulu tangkis, HawkEye sah diperkenalkan dalam turnamen Indonesia Super series tahun 2014 pertama kalinya. Sejak saat itu, Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF meresmikan penggunaan Teknologi Hawk Eye dalam mendukung efektivitas pertandingan.

Sampai sekarang, teknologi ini tidak hanya dalam bidang olah raga bulu tangkis, akan tetapi dalam olah raga lainnya. Seperti Voli, Rugby, tenis, serta hoki es.

Cara Kerja Teknologi HawkEye dalam dunia Olah Raga Bulu Tangkis

Cara kerjanya menggunakan 6-8 kamera berkenerja tinggi, yang biasanya tempatkan pada bagian bawah atap stadion, dan melacak bola dari sudut yang berbeda pastinya.

Teknologi Hawk Eye memiliki tingkat akurasi akuran sampai 3,6 milimeter dan umumnya sebagai pendapat kedua yang tidak memihak dalam olah raga.

Dalam dunia olah raga Bulu tangkis tentu berguna sekali saat pemain mempertanyakan keputusan hakim garis saat menentukan Shuttlecock masuk dalam garis atau keluar luar garis.

Sistem HawkEye berdasarkan pada prinsip trianulasi menggunakan gambar visual dan data waktu yang tersedikan oleh sejumlah kamera video dengan kecepatan tinggi.

Sudut kamaaera terletak pada lokasi yang berbeda sekitaran area pertandingan. Sistem akan cepat memproses tangkapan video dari kamera dan melacak shuttlecok.

Dalam setiap frame yang ada setiap kamera, sistem ini mengidentifikasi kelompok piksel yang sesuai dengan gambar bol. Lalu menghitung posisi bola pada setiap frame dengan membandingkan posisinya pada setidanya dua kamera yang terpisah pada saat bersamaan.

Sistem ini menghasilkan gambar garis dari jalur bola dan area pertandingan. Yang berarti bahwa informasi dapat teknologi ini berikan kepada wasit, pemain, penonton dan pemirsa tv dalam waktu cepat.

Pelacakan ini juga dapat tersimpan dalam database sehingga memudahkan untuk menganalisis tren dan statistik seluruhan dalam pertandingan.

Teknologi Hawk Eye Ada dua Tahap Pengenalan dalam dunia olah Raga Bulu Tangkis

Dalam pengenalan tahap sebelumnya yaitu 6-8 kamera kecepatan tingi mengarah ke garis belakang dan garis sisis lapangan. Kemudian teknologi ini tersambung dengan kabel serat optik ke komputer tepi lapangan.

Kamera Hawk Eye ini memiliki kecepatan mengambil 660 gambar per detiknya. Dengan pengaturan waktu 2 detik delay memungkinkan wasit untuk segera mengkonfirmasi tempat jatuhnya Shuttlecock.

Pengenalan Hawk Eye tahap kedua ini pelacakan tepi atap kemudian perhitungan simulasi dapat dilakukan dan animasi komputer dibuat seperti di Tenis.

Perusahaan menggunakan pelacak untuk mengumpulkan sejumlah besar informasi tentang jalur perjalanan shuttlecock di India open dan secara resmi memperkenalkan fungsi simulasi komputer dalam depan tahap terakhir dari singapura open.

Sayangnya penonton saat ada tempat tersebut tidak dapat melihat simulasi animasi yang terlihat pada layar TV dan Online. Namun dapat melihat wasit memegang board menunjukkan keputusan menilai dengan IN, Out dan NO Decision. Berarti menunjukan Shuttlecock Masuk, Keluar dan tidak ada keputusan.

Kekurangan dari Teknologi Hawk Eye dalam dunia olah raga Bulu Tangkis

Ada resiko kesalahan dalam Teknologi Hawk Eye ini salah satunya adalah keputusan NO DECISION dari sistem Hawk Eye Singapore Open, degan situasi menjelaskan keoada wasit oleh hakim garis secara pribadi.

Apa yang terjadi adalah bahwa, dalam istirahat pertengahan pertandingan, juru kamera sedang mengambil gambar pelatih yang sedang menginstruksikan kepada pemainnya. Tidak secara sengaja menyebabkan satu kamera optik berkecepatan menjadi rusak yang berarti bawah tidak ada gambar.

Yang berarti bahwa tidak ada gambar dalam keputusan akhir bisa menjadi dibuat ketika pemain membuat tantangan Challenge. Situasi ini menunjukan bahwa sistem Hawk Eye digunakan dalam dunia olah raga bulu tangkis saat ini berdasarkan pada situs gambar dengan ulasan secara instan.

Dalam animasi simulasi komputer Hawk Eye, jalur penerbangan simulasi dari setiap shuttlecok adalah diagonal. Yang sedikit berbeda dengan jalur penerbangan dari Shuttlecock pada nyatanya.

Artikel Lainnya : Situs Live Streaming Badminton Japan Open 2022

Contoh Resiko Kesalahan Sistem Hawk Eye Dunia Olah Raga Bulu tangkis

Misalnya saat Challenge dari pemain bulu tangkis profesional Lee Chong Wei saat partai final tunggal putra. Singapore open saat itu, adalah Lob oleh lawannya yang jatuh dari udara hampir vertikal ketika mencapai bagian belakang lapangan, namun animasi komputer menjukan yang jatoh diagonal.

Tentunya melihat kondisi jenis animasi ini dari komputer simulasi pada layar beberapa orang mulai meragukan. Kesesuan menggunakan program tenis Hawk Eye untuk bulu tangkis sistem Hawkeye ini memiliki delapan kamera berkecepatan tinggim ayang pada sudut atau sekitar lapangan.

Kemudian komputer melakukan perhitungan secara keselurahan untuk membangun ruang 3D smulasi dan menghitung posisi ketika begerak melalui sistem ini space.

Bantuan penjurian juga digunakan saat ini yang sengaja disediakan oleh Haw Eye Inovasi, Namun shuttlecok adalah hanya lima gram berat dan jalur penerbangan yang mudah terpengaruh oleh arus udara ditempat dan kondisi bulu.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa jalur penerbangan shuttlecok yang tidak bisa sepenuhnya dihitung komputer simulasi. Menggunakan Teknologi Hawk Eye sebagai bantaun menilai bulu tangkis bukan hanya gimmick dan BWF sekarang harus mendesak pemasok untuk meningkatkan program simulaso komputer saat ini untuk membuat lebih cocok untuk olah raga bulu tangkis.

Artikel Lainnya : Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?

Akhir Kata

Itulah Teknologi Canggih Hawk Eye dalam Dunia Olah Raga Bulu tangkis. Mulai dari sejarah, pengertian, perkembangan, cara kerja, dan kekurangan dari Teknologi Hawk Eye ini. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam dunia olah raga bulu tangkis. Ok terima kasih salam olah raga.

Sumber Artikel :

hikvisionindonesia(dot)co(dot)id

goodside(dot)id

id(dot)victorsport(dot)com

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *