Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?

 Halo sahabat dunia olah raga, kali ini akan membahas Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?. Tentu menjadi topik yang menarik kita bahas tentang Teknologi VAR ini. Karena Luar negeri sudah menerapkan teknologi ini sehingga wasit dapat terbantu karena adanya teknologi VAR.

Selain wasit terbantu pemain dan tim tidak akan mendapatkan kerugian dari keputusan yang ada saat pertandingan. Teknolgi VAR ini apakah dapat kita gunakan dalam sepak bola Indonesia, Khususnya Liga 1 Indonesia. Berikut adalah penjelasan tentang Teknologi VAR menurut sumber terpercaya.

Apa itu Teknologi VAR ?

VAR adalah kepanjangan dari Video Assistent Referee merupakan bantuan teknologi dalam olah raga sepak bola, untuk mempermudah asisten wasit meninjau tayangan ulang sebuah kejadian dalam pertanidngan sepak bola, untuk bahan pertimbangan keputusan wasit utama dalam lapangan.

Fungsi VAR dalam dunia olah raga sepak bola untuk menegkan peraturan pertandingan sepak bola, agar maksimal, seperti dilansir dari kompas 26/8/22 yang dikutip dari panduan dewan asosiasi sepak bola internasional (IFAB).

Cara Kerja dari Teknologi VAR di lapangan

Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?


Image Source : https://www.flickr.com/photos/bensutherland/28596277817

Cara kerja dari Teknologi Var adalah dengan memeriksa siaran tv atau rekaman pertandingan secara live untuk melihat kejadian atau insiden dalam pertandinagn sepak bola.

Teknologi ini akan meninjau siaran ulang pertandingan, kemudian memakai slow motion atau video akan diperlambat dari berbagai sudut.

Tentusaja di Indonesia ini sangat bermanfaat apalagi sering ada kejadian yang merugikan baik tim dan juga pemain pada setiap pertandingannya.

Adanya tinjauan dengan teknologi VAR sepak bola ini membantu wasit dalam situasi seperti :

  • Proses terjadinya Gol, seperti kemungkinan offside, pelanggaran, atau haddball.
  • Kemungkinan penalti seperti titik jatuh atau titik terjadinya pelanggaran atau penyerang lawan mencari keuntungan dengan menjatuhkan diri (diving).
  • Pelanggaran dengan potensi kartu merah, seperti perkelahian antar pemain atau gestur tubuh dengan maksud melecehkan.
  • Kesalahan identifikasi wasit, untuk memastikan hukuman kartu baik kartu kuning atau merah sekalipun dapat diterima pemain yang tepat.

Menggunakan Teknologi VAR saat pertandingan dapat dilakukan peninjauan setelah ada keputusan dari wasit mengenai sebuah insiden. Pengecualian terjadi jika ada insiden yang terlewat atau jauh dari pandangan wasit atau perangkat pertandingan lain saat di lapangan.

Fungsi dari Teknologi VAR Sepak Bola

VAR berufungsi untuk membantu kinerja wasit dalam membuat keputusan pada saat-saat kontroversial. Cara kerjanya adalah dengan melihat replay video saat kejadian dalam ruangan kusus yang dapat diakses oleh wasit pastinya.

Berapa Biaya yang dihabiskan untuk Menggunakan Teknologi VAR Sepak Bola ?

Biaya yang diperlukan untuk menggunakan Teknologi VAR Sepak Bola dalam setiap pertaningan hingga 175 juta belum pajak. Seperti yang dilansir dari tekno sindonews Senin (12/08/22).

Sekarang pertanyaannya apakah Indonesia sanggup mengeluarkan biaya yang tidak kecil setiap pertandingannya dengan Teknologi VAR ini ?. Tentu saja jika sudah siap dan sanggup kit dapat menggunakan Teknologi VAR sepak bola dalam semua pertandingan sepak Bola Liga 1 Indonesia 2022.

Sistem Kerja dari Teknologi Var Sepak Bola

Sistem kerja dari Teknologi VAR Sepak Bola ini wast akan selalu di konfirmasi oleh operator VAR itu sendiri. Bahwa keputusan yang dibuat wasit harus ditinjau ulang.

Kemudian pihak operator VAR akan menyarankan seorang wasit ini melalui komunikasi pada headset. Selanjutnya wasit memutuskan untuk meninjau melalui rekaman video asli. Anda dapat melihat wasit ke sisi lapangan sebelum mengambil keputusan yang pantas.

Tentu saja Teknologi VAR Sepak bola ini kalau dapat kita gunakan di pergelaran Liga 1 Indonesia akan tambah seru lagi. Karena sangat membantu sekali wasit untuk mengambil keputusan. Serta tidak ada yang dirugikan saat pertandingan Liga 1 Indonesia dan sepak bola Indonesia pastinya.

Kelemahan dari Teknologi VAR Sepak Bola

Kelemahan Teknologi VAR Sepak Bola terlepas dari banyaknya pro dan kontra,. Teknologi ini merupakan satu langah maju untuk dunia olah raga sepak bola dunia.

Namun ada sisi lain juga yang berdampak negatif bagi tim ketika Teknologi VAR digunakan. Jawab tersebut adalah momentum. Momentumm ini adalah hal yang peting bagi tim. Terutama saat tim membangun serangan balik (Counter Attack) untuk mengubah skor.

Karena ada intruksi dari Operator VAR saat meminta dihentikan sementara. Tentu saja momentum itu akan hilang dan merugikan kepada tim yang sedang membangun serangan untuk mencetak gol kemangan atau gol penyeimbang atau mungkin mencetak gol lebih banyak lagi.

Tentu saja dengan kondisi harus dihangatkan kembali pada kondisi pemain, dan kesempatanpun akan hilang. Itu kekurangan yang harus diterima saat menggunakan Teknologi VAR Sepak Bola. Lantas seperti itu Indonesia siap kah dengan dampak negatif dari Teknologi VAR ini kita patut menunggunya dan semoga dapat direalisasikan.

Biaya Teknologi VAR Sepak Bola Indonesia

Biaya Teknologi VAR Sepak bola ini mahal bahkan ketua PSSI Mochamad Iriawan pernah barkata. "Itulah akan benar-benar kami hitung dan VAR itu mahal sekitar Rp90 Miliar ya per alat.

Sekali bermain di stadion itu sekitar Rp200 juta". Jelas iriawan selaku ketua PSSI yang dikutip dari Indosportdotcom(3/08/22). Saat ini memang Liga 1 Indonesia sudah menambahkan asisten wasit tambahan yang ada di dekat gawang masing-masing tim. Namun kedepannya mudah-mudahan Indonesia dapat menggunakan Teknologi VAR disetiap pertandingannya.

Artikel Lainnya : 

Kesimpulan

Jadi dapat kita tarik kesimpulan bisa saja Teknologi VAR ini digunakan di liga Indonesia. Namun dengan syarat harus menerima resiko dari kekurangan Teknologi VAR tadi.

Selain itu biaya untuk menggunakannyapun tidaklah murah hingga ratusan juga setiap pertandingannya. Selain itu juga para wasit harus mendapatkan edukasi tutorial karena memang syaratnya yang menjadi operator juga harus paham betul menjadi wasit professional.

Jadi mungkin itu jawaban dari Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?. Jawabannya bisa asalkan kita dapat memenuhi syarat dan dampak yang akan diterima oleh adanya Teknologi VAR ini.

Namun europa sudah satu langkah maju dan menggunakan Teknologi VAR ini tinggal Indonesia. Semoga dapat ter realisasikan Teknologi Sepak Bola ini. Ok Terima kasih salam olah raga.

Posting Komentar untuk "Apakah Teknologi VAR di Sepak Bola Indonesia dapat digunakan ?"